Teks ulasan : Contoh Teks Ulasan, Pengertian dan strukturnya

Contoh Teks Ulasan, Pengertian dan strukturnya – Teks ulasan merupakan materi pelajaran bahasa indonesia, adapun detail yang akan kita pelajari dalam materi teks ulasan meliputi pengertian, detail struktur teks ulasan, serta yang tidak kalah penting adalah contoh teks ulasan itu sendiri.

Pengertian Teks Ulasan


Teks ulasan merupakan teks yang berisi ulasan atau review penilaian terhadap suatu hasil karya drama atau film. Mengulas suatu film maupun drama kita diharuskan untuk bersikap lebih kritis. Sikap kritis akan sangat penting agar ulasan yang kita paparkan dapat memberikan manfaat dalam perbaikan film dan drama itu sendiri.

Struktur Teks Ulasan


Struktur teks ulasan itu merupakan bagian yang membangun sebuah teks untuk menjadikannya suatu teks yang utuh. Dalam struktur teks ulasan terdapat bagian penting seperti : orientasi,tafsiran,evaluasi,rangkuman. Adapun detail bagian-bagian dari struktur teks ulasan secara lengkap berikut penjabannya

Orientasi, berisikan gambaran umum tentang hasil karya drama atau film. Gambaran umum mengenai latar blekang dari hasil karya yang akan direview atau diulas.

Tafsiran, merupakan gambaran detail tentang sebuah hasil karya drama atu film. Detail yang dimaksud mengenai kualitas, kelebihan, keunggulan serta keunikan hasil karya yang sedang diulas.

Evaluasi, merupakan pandangan kita sebagai pengulas untuk memberikan ulasan mengenai hasil karya. Dalam evaluasi kita ulas kita dampat mencantumkan kelebihan maupun kekurangan hasil kaya yang sedang kita ulas.

Rangkuman, merupakan kesimpulan dari ulasan mengenai suatu hasil karya darama maupun. Bagian ini jubga bisa berisikan pendapat kita mengenai hasil karya yang diulas layak atau tidaknnya untuk dinikmati.

Contoh Teks Ulasan

Teks ulasan : Contoh Teks Ulasan, Pengertian dan strukturnya

Berikut ini saya sajikan contoh teks ulasan film yang berjudul "5 Elang". Contoh teks ulasan mengenai film 5 elang ini saya kutip dari internet. Silahkan simak di bawah ini contoh teks ulasan secara terperinci berikut penjabaran strukturnya.

Orientasi dari contoh teks ulasan film 5 elang


Film 5 elang adalah film drama anak yang disutradarai leh Rudi Soedjarwo yang dirilis pada tanggal 25 agustus 2011. Film ini dibintangi oleh anggota coboy junior, film ini menceritakan petualangan di sebuah perkemehan, awal cerita film 5 elang di mulai dari kepindahan seorang anak bernama baron ke balaikpapan. Bayak pesan moral yang bisa dipetik dari film ini.

Tafsiran dalam contoh teks ulasan film 5 elang


Awal cerita dimulai dari kekesalan baron yang harus pindah dari jakarta ke balikpapan ikut dengan orang tuanya. Ia lebih sering menutuk diri dari sekitar dan lebih asik sendiri dengan mainannya yaitu mobil RC. Suatu ketika  baron diharuskan mengikuti perkemahan mewakili sekolahnya, lalu ditempat kan pada satu regu dengan seorang anak bernama rusdi, seorang anak yang supel yang terlalu optimis yang sering membuat baron menjadi jengkel.

Dalam regu juga terdapat anggota lain yaitu anton, aldi dan 2 lainnya. Dari sinilah petualangan mereka diperkemahan dimulai. Mereka juga bertemu dengan seorang anak perempuan bernama sindai yang sering membantu baron regunya saat menelusuri hutan yang cukup lebat ketika mengikuti games yang diadakan perkemahan yaitu games markas bintang.

Ditengah perjalanan mereka mendapat masalah ternyata rusdi dan antok diculik. Baron beserta sindai dan aldi pun berusaha menyelamatkan rusdi dan antok. Akhirnya antok dan rusdi bisa tersaelamtkan setel;ah baron dan kawan – kawan berhasil mengalahkan komplotan arip jagau. Setelah itu aldi berenang menyebrangiu dana untu memberitahukan kejadian itu kepada para pembina. Pembina dan para peserta pramuka lain akhirnya mendatangi mereka salah seorang pembina memberikan hukuman atas kecerobohan mereka akan tetapi mereka juga dinobatkan jadi peserta pramuka terbaik.

Akhir cerita baron pun senang kegitan pramuka karena regu yang ia ikuti masuk ke tingkat nasional

Evaluasi yang diperoleh dari contoh teks ulasan film 5 elang


Dalam film yang berdurasi 88 menit ini terdapat pula kelebihan dan kekurangan. Ada pun kelebihan seperti banyak pesan moral yang bisa kita jadikan pembelajaran: Misalnya saat adegan barong menolong mengambilkan balon seroang anak yang tersangkut di antena diatas sebuah atp rumah bahkan sampai merelakan mainan kesayangannya. Mengajarkan budaya budaya cinta lingkungan saat adegan rusdi berkata“Maaf, kertasnya kecil penghematan buat pohon.

Cerita dalam film ini juga sangat muda dicerna tanpa bertele- tele. Film ini sangat cocok untuk keluarga maupun anak –anak karena ceritanya mudah untuk untuk dipahami. Akting pemain yang cukup apik dan natural.  Film ini dibintangi oleh anggota Coboy Junior yang menjadi daya tarik tersendiri bagi fans dan penggemarnya.

ada kelebihan pasti ada kekurangngannya pula seperti beberapa kekurangan yang tampak dalam film 5 elang : karena film ini bertema cenderung anak-anak pelajar ada beberapa adegan kurang disiplin dan kurang sopan seperti mengenai pemakaian dasi ada yang memakai ada yang tidak, ada pulan adegan ketika terlihat Anton sedang mengunyah di depan kakak pembina, sambil berdiri itu saya rasa kurang sopan

kamera sering tidak stabil pada film  menyebakan gambar terlihat kurang berkesinambungan seperti yang terjadi pada meneit 14:36 - 14:37 Saat peran baron dan rudi berjalan bersama.

Saat adegan lomba tarik tambang, masih nampak terlihat beberapa anak menggendong tas seolah olah anak tersebut baru datang atau datang terlambat. Masih terdapat beberapa anak yang berlari larian dan saat bubar pun tanpa komando nampak terlihat kurang mencerminkan pramuka. Hal ini bisa terrmasuk detail yang kurang atau penulis bermaksud menggambarkan realita dinegri ini bahwa budaya disiplin yang masih kurang baik.

Kejanggalan pada saat adegan regu harimau menancapkan bendera di dalam lima bintang. Regu lain sudah terlebih dahulu lalu bertepuk tangan menyambut regu harimau dan pemenangnya regu harimau pada hal regu harimau datang belakangan.

Rangkuman dari contoh teks ulasan film 5 elang


Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan diatas film 5 elang  masih sangat layak untuk ditonton  karena banyak pesan moral yang bisa dipetik. Dengan kenaturalan akting dari para pemain beserta kelucuannya film ini cukup bagus untuk dinikmati. Film ini juga bisa jadi warna tersendiri karna saat ini sudah sangat jarang melihat tontonan keluarga maupun untuk anak yang mendidik.

Baca juga : Contoh teks eksplanasi, pengertian dan strukturnya

Sekian pembahasan mengenai teks ulasan semoga dapat membantu anda dalam memahami pengertian teks ulasan, struktur teks ulasan serta saya juga telah memberikan contoh teks ulasan film 5 elang itu seperti apa semoga dapat menjadi bahan referensi bagi anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

6 Manfaat di Balik Cobaan Hidup yang Belum Benar-Benar Kau Sadari!

Peluang dan Cara Memulai Bisnis Online Yang Menguntungkan Bagi Pemula