Teks Eksplanasi : Contoh Teks Eksplanasi Pengertian Struktur Ciri Serta Kaidah Kebahasaan

Contoh Teks Eksplanasi Pengertian Struktur Ciri Beserta Kaidah Kebahasaan,- Setelah sebelumnya kita membahas secara lengkap mengenai pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks ulasan. Maka selanjutnya kita akan membahas mengenai teks eksplanasi, kali ini pun akan saya bahas secara lengkap mulai dari pengertian, setruktur, ciri-ciri, serta kaidah kebahasaannya.

Pembahasan Lengkap Mengenai Teks Eksplanasi Meliputi Pengetian, Struktur, Ciri-Ciri, Kaidah Kebahasaan Beserta Contohnya

Pengertian Teks Eksplanasi


Teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang berisikan mengenai proses "mengapa" serta "bagaimana" terjadinya sebuah kejadian alam, ilmu pengetahuan, sosial, maupun budaya. Dalama setiap kejadian tersebut mengalami proses yang didasarkan pada sebab dan akibat. setiap kejadian bukan hanya untuk diamati maupun dirasankan namun kita bisa mempelajari apa penyebabnya sehingga proses itu dapat terjadi.

Struktur Teks Eksplanasi


Dalam struktur teks eksplanasi dimulai dengan penyaataan umum lalu dijabarkan dengan urutan sebab akibat, dan selanjutnya diakhiri dengan penyampaian interpretasi. Mengenai detail struktur teks eksplanasi ada baiknya anda memahami setiap bagian berikut ini :

  • Pernyataan umum,- merupakan statemen awal / pernyataan mengenai topik yang akan dijabarkan atau dijelaskan.
  • Urutan sebab akibat,- merupakan penjelasan dari pernyataan umum yang disampaikan mulai dari penyebab terdajinya hingga akibat yang di timbulkan.
  • Interpretasi,- kesimpulan akhir mengenai topik yang dibahas

Ciri - Ciri Teks Eksplanasi


Ada beberapa ciri-ciri yang perlu diketahui untuk mengetahui teks eksplanasi. Berikut ini 3 ciri-ciri yang terdapat dalam teks eksplanasi :

  • Mengandung struktur yang saya jelaskan diatas berupa pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi tentunya.
  • Informasi yang disajikan berupa fakta
  • Memuat hasil yang faktual ada dasar yang digunaan sebagai bagian informasi yang disajikan seperti seperti riset ilmiah, sains dll.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi


Berikut ini merupakan unsur kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks eksplanasi :
  • Terfokus pada hal-hal umum, Terjadi secara alami (tanpa campur tangan manusia) seperti bencana alam, banjir, dll.
  • Terkadang sering memakai istilah-istilah  ilmiah.
  • Kerap kali mempergunakan kata kerja aktif.
  • Sering mempergunakan konjungsi waktu dan kausal seperti bila, jika, sehingga, sebelum, kemudian, pertama.
  • Teks eksplanasi menerangkan bahwa hal yang disajikan memang real apa adanya sesuai fakta.

Contoh Teks Eksplanasi

Guna lebih  memahami tentang teks eksplanasi berikut ini saya sajikan contoh teks eksplanasi singkat mengenai banjir dan sudah saya pisahkan berdasarkan strukturnya.

contoh teks eksplanasi, pengertian teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi

Pernyataan Umum

Banjir di kota metropolitan sepeerti jakarta merupakan  sebuah permasalahan yang sangat kompleks. Pemasalahan mengenai banjir harus mendapatkan penanganan dan solusi  yang tepat agar tidak menimbuklan banyak kerugian bagi masarakat. Penangan banjir merupakan tanggung jawab kita bersama tanpa harus saling menyalahkan.

Penjelasan

Ada banyak faktor penyebab terjadinya banjir di wilayah jakarta. Dari letak geografis , jakarta juga merupakan wilayah yang padat penduduk, serta minimnya lahan kosong terbuka menyebakan kurangnya tempat resapan air. Selain itu kurangnya kesadaran terhadap lingkungan sekitar seperti membuang sampah sembarangan, melakukan pembangunan tanpa perhitungan system drynase yang benar. Dengan seperti bajir pun tidak bisa dihindari.

Untuk itu perlunya kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah untuk menanggulangi adanya banjir. Kesadaran terhadap lingkungan pun harus ditingkatkan, melakukan pembenahan tata kota dengan baik.

Penutup

Permasalahan mengenai banjir akan terselesaikan jika semua masyarkat maupun pemerintah saling bekerja sama. Melakukan pembenahan dan perbaikan secara bertahap agar kedepanya jakarta menjadi kota yang lebih baik lagi.


Baca jugaContoh Teks Ulasan, Pengertian dan strukturnya


Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian teks eksplanasi lengkap beserta detail struktur, ciri-ciri ,kaidah kebahasaan  dan contoh teks eksplanasi. Semoga sajian singkat ini dapat memberi manfaat dan informasi tambahan bagi anda. Terima kasih atas kunjungannya.

Popular posts from this blog

6 Manfaat di Balik Cobaan Hidup yang Belum Benar-Benar Kau Sadari!

Teks ulasan : Contoh Teks Ulasan, Pengertian dan strukturnya

Peluang dan Cara Memulai Bisnis Online Yang Menguntungkan Bagi Pemula